Jumat, 30 Maret 2012

‎"Mutiara yang tersimpan di Dalampagar Ulu"



DESA Dalampagar Ulu secara geografis terlatak diKecamatan Martapura Timur (setelah pemekaran sekitar tahun 2004) sebelumnya Martapura Kota. Ia adalah sebuah kampung tempat lahirnya beberapa Ulama terkenal dan ikut serta menghiasi dan mengharumkan Kota Martapura yang berjuluk sebagai Serambi Mekkah, tetapi maqbarah mereka tersebut banyak yang tidak begitu terekspos media dan diketahui oleh para penduduk kota Martapura dan sekitarnya, sehingga maqam tersebut bagaikan mutiara yang berkilau namun banyak orang yang tidak mengetahui persisnya.



Sebut saja maqam Al Alimul fadhil Syekh KH Ismail Khathib bin Alimul fadhil Qadhi Syekh KH Ibrahim bin H.M.Shalih bin Alimul Alamah Khalifah KH.Zainuddin bin Syekh Muhammad Arsyad Albanjari, yang biasa disebut orang setempat Kubah datu Ismail, disini banyak sekali maqam maqam ulama lainnya, seperti KH Abdul Jalil yang merupakan ayah dari KH Seman Jalil, juga ada disamping beliau (datu Ismail ) ada ponakan sekaligus menantu beliau yaitu Alimul fadhil KH Muhammad Arfan bin Habibah binti Alimul fadhil Qadhi KH Ibrahim bin Shalih bin Alimul Alamah Khalifah KH Zainuddi bin Syekh Muhammad Arsyad Albanjari.




Kemudian juga ada maqam anak beliau Alimul fadhil KH Abdurrahman Ismail dan H.M.Zein (ayah dari Abu Daudi atau H.M.Irsyad Zein) juga didekat beliau ada maqam saudara beliau Guru K.H.M.Hamzah - Pernah menjadi Kepala Aliyah Diniyah Sullamul Ulum dan Qodhi di Martapura (biasa dipanggil datu Hamzah), kemudian juga ada maqam H.Abdullah Sani yang merupakan ayah dari guru Mukhtar yang biasa dipanggil dengan Abuya, juga maqam maqam cucu cucu beliau yang juga ulama,seperti KH.Abdul Hamid dan H.Muhammad As ad. Itulah Mutiara n yang ada di Kubah Datu Ismail.


Salah satu lagi maqam atau kubur yang ada di desa Dalampagar adalah maqam Alimul fadhil Qadhi KH Ahmad Zainal Aqli. Beliau adalah saudara sepupu dan ipar Al Arif billah KH Zainal Ilmi yang berkubur dikelampaian.Tuan guru Qadhi KH Ahmad Zainal Aqli bergelar H Ahmad Jago dan oleh pemeintah Indonesia diangkat menjadi Imam Tentara Republik Indonesia pada masa itu.Qadhi KH Ahmad Zainal Aqli anak dari Maryam anak dari Alimul Alamah KH M Said Wali anak dari Aminah anak dari Alimul Alamah Khalifah KH Syahabuddin anak dari Syekh Muhammad Arsyad Albanjari.

Alimul fadhil KH Abdullah Khatib dikenal dengan gelar Guru Sholawat.Beliau anak dari H Abdul Manaf anak dari H Muhammad Hasan anak dari Kamaliah anak dari Alimul Alamah Mufti KH Jamaluddin anak dari Syekh Muhammad Arsyad Albanjari.Disamping maqam beliau juga ada maqam anak beliau KH Ahmad Kasyfuddin.Guru Selawat gelar adalah gelar yang diberikan masyarakat pada beliau, karena beliaulah yang dapat izin untuk memberikan ijazah selawat dalail khairat pada masa itu, setelah datang dari menunutut ilmu di Makkah Almukarramah.Maqam atau kubur beliau beserta keluarga juga ada di Dalampagar dikenal dengan nama Kubah Guru Sholawat.

Maqam Alimul fadhil KH Muhammad Noor berdampingan dengan maqam anak beliau Al Arif billah KH Mahmud Arsyad.Alimul fadhil KH Muhammad Noor anak dari H Muhammad Arsyad anak dari Bulan anak dari H Muhammad Shalih anak dari Alimul Alamah Khalifah KH Zainuddin anak dari Syekh Muhammad Arsyad Albanjari.Alimul fadhil KH Muhammad Noor pernah menjabat sebagai pengulu di desa dalampagar,karenanya beliau biasa dipanggil dengan panggilan Kai Pengulu.

Sedangkan anak beliau KH Mahmud Arsyad semasa hidup mengabdikan diri sebagai Pimpinan Aliyah Diniyah Madrasah Sullamul Ulum sekaligus pengajar di Madrasah Sullamul Ulum Dalampagar dan Maqam beliau di dalampagar biasa disebut Kubah Kai Pengulu.


Alimul fadhil Mufti KH Ahmad Nawawi bin Alimul fadhil Qadhi KH Ibrahim bin H Muhammad Shalih bin Alimul Alamah Khalifah KH Zainuddin bin Syekh Muhammad Arsyad Albanjari.Maqam beliau tepat berada di samping Mesjid Jami Tuhfaturraghibien desa dalampagar.Disamping beliau juga ada maqam anak beliau KH Sirajuddin.

Tuan guru KH Nuzhan Noor dikenal orang yang sangat penyabar dan sangat pemurah, dan suka menolong kepada masyarakat yang memerlukan pertolongan.Tuan guru KH Nuzhan Noor anak dari Muhamman nur anak dari Khadijah anak dari H Abdullah anak dari Alimul Alamah KH Muhammad Khatib anak dari Alimul Alamah Mufti KH Ahmad anak dari Syekh Muhammad Arsyad Albanjari.Maqam beliau terletak dimuka rumah beliau didesa Dalampagar Ulu.




2 komentar: