Sabtu, 15 Februari 2014

Software Shorof Al Qomus Al Arobi

Download software shorof tercanggih, "Al-Qomus Al-Arobi"

Bagi teman - teman yang pernah nyantri dipondok atau ngaji di madrasah, tentunya sudah tidak asing dengan kitab "Al-Amtsilah At-Tashrifiyah", satu kitab yang menjelaskan contoh-contoh dari tasrif wazan-wazan kalimat dalam bahasa arab.


Dari kitab tersebut kita diajarkan cara mentasrif satu kalimat menjadi beberapa kalimat, semisal kalimat "ضَرَبَ" yang setelah ditasrif bisa menjadi يَضْرِبُ اِضْرِبْ dan seterusnya tergantung dari sighot (bentuk kalimat) yang dikehendaki.


Nah, software Al-Qomus Al-Arobi ini bisa dikatakan sebagai versi software dari kitab tersebut, sebab fungsi utama software ini adalah menunjukkan wazan dari tiap kalimat dan menampilkan tasrifnya.

Software ini bisa di download  KLIK DISINI

 

Panduan penggunaan:

1. Setelah didownload, extrack software tadi, lalu klik "ArDic.exe" untuk menjalankannya.

2. Terdapat 4 tab utama pada software ini:


- Tab "البحث" digunakan untuk mentasrif kalimat yang di inginkan, caranya masukkan kalimat pada kolom dibawah "أدخل كلمة البحث" lalu pilih bentuk kalimat yang diinginkan (pilihannya ada dibawah kolom tadi). Setelah itu klik "عرض نتيجة البحث" yang berada dibawahnya.

Setelah hasilnya muncul, kita bisa menyimpan hasilnya dalam bentuk exel dengan mengklik tombol ikon exel di pojok kiri atas.


- Tab "الاشتقاق" digunakan untuk untuk mencari wazan dari suatu kalimat. Caranya adalah dengan memasukkan kalimat yang ingin dicari wazannya kedalam kolom disamping "أدخل الجذر", lalu klik tombol "عرض". Setelah itu klik tab "الافعال الثلاثية" yang berada dipojok kiri atas untuk menampilkan wazan fi'il tsulatsinya, baik tsulatsi mujarrod atau tsulatsi mazid, dan klik tab "الافعال الرباعية" untuk menampilkan wazan fi'il ruba'inya.


- Tab "معانى الجذور" digunakan untuk mengetahui makna dan penjelasan dari suatu kata, caranya dengan memasukkan kata yang diinginkan kedalam kolom dibawah "أدخل كلمة البحث" lalu klik "عرض المعنى".

- Tab "حول البرنامج" berisi informasi tentang software ini.

 

Semoga dapat bermanfaat...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar